Aplikasi Pencari Rezeki



Judul: Aplikasi Pencari Rezeki
Penulis: Wusda Hetsa & Achi TM
Penerbit: Pastel Books
Tahun: 2018
Tebal: 208 halaman
ISBN: 978-602-6716-13-2

Rezeki berhubungan erat dengan rasa syukur terhadap segala sesuatu yang kita peroleh. Untuk memahami bagaimana ilmu Allah mengatur rezeki setiap manusia, kita bisa belajar dari para sahabat dan para praktisi yang telah melalui tahap ini. Buku ini membahas mengenai esensi dari rejeki dan bagaimana mendapatkannya. Selain rezeki, akan dibahas juga tentang bagaimana rasa bahagia itu muncul dan bagaimana cara kita menemukan rasa bahagia itu kembali. Ternyata antara rezeki dan bahagia itu ada hukum yang berlaku.

Buku ini dibagi menjadi 6 bab. Bab pertama membahas tentang apa itu rezeki. Dalam mencari rezeki, mindset kita harus senantiasa positif, tetap berusaha, dan percaya pada kekuasaan Allah SWT. Misalnya saat mengajarkan konsep rezeki pada anak, ajak ia menabung sambil dikenalkan pada usaha dagang kecil-kecilan serta tanamkan padanya bahwa mencari uang halal itu mudah. Anak-anak sebaiknya diberikan masa kecil yang positif agar rezeki kita juga mengalir lewat anak-anak kita.

Tahukah anda bahwa shalat tepat waktu juga berhubungan dengan rezeki manusia? Perubahan warna alam di waktu Subuh identik dengan biru muda yang berhubungan dengan kelenjar tiroid, rezeki, dan cara komunikasi. Saat Dzuhur, warna alam akan menguning yang berpengaruh pada system pencernaan, hati, dan keceriaan. Saat Azhar, warna alam menjadi oranye yang mempengaruhi prostat, uterus, ovarium,testis, dan system repsroduksi. Saat Magrib, warna alam menjadi merah yang berhubungan dengan jin dan kekuatan jahat lainnya serta semua gelombang tumpang tindih sehingga menimbulkan fatamorgana yang merusak pandangan mata. Dan saat Isya, warna alam menjadi nila kemudian gelap yang berhubungan dengan ketentraman dan kedamaian yang dibutuhkan otak manusia. Ketika kita melaksanakan sholat tepat waktu, maka warna-warna alam tersebut akan semakin maksimal.


“Ketika masalah datang, Allah tidak meminta kita memikirkan jalan keluar hingga penat. Allah hanya meminta kita SABAR dan SHALAT” (halaman 13)


Jika kita adalah sebuah smartphone, ada banyak rezeki yang bertaburan di sekitar kita yang bisa kita simpan didalam dropbox kita. Mereka adalah file berupa rasa syukur, persahabatan, kenalan baik atau teman, hubungan keluarga yang baik, kesehatan, istri atau suami yang solehah dan soleh, anak-anak soleh, pekerjaan halal yang baik, kehormatan,ilmu pengetahuan dan kecerdasan, dan keimanan. Jadi rezeki itu tidak melulu tentang uang.

Bab 2 buku ini membahas tentang Apa Itu Bahagia. Setiap manusia berlomba-lomba untuk mencari kebahagiaan. Ukuran kebahagiaan biasanya harta, takhta, dan wanita. Dengan harta yang berlimpah, biasanya orang akan disegani oleh lingkungan. Namun jika hartanya tidak halala, akankah ia bahagia? Banyak orang yang mengejar kebahagiaan menjadi gila karena kebahagiaan yang mereka kejar adalah bagaimana pandangan orang, bukan bagaimana mereka merasakan dan menikmatinya. Jadi, kalau kita mau bahagia, marilah banyak bersyukur atas rezeki yang kita punya. 

“Kebahagiaan itu sepertinya pencarian yang bergerak, dinamis, terus berubah. Kita tidak bisa bahagia terus, karna lama-lama rasa itu menjadi hambar.” (halaman 36)


aplikasi pencari rezeki

Bab 3 membahas tentang menciptakan masa depan.  Allah SWT memang sudah menentukan takdir manusia. Tetapi dalam proses mencari rezeki, manusia harus tetap berusaha. Karena takdir kita seperti software jaring laba-laba yang super detail dan punya banyak persimpangan. Hidup kita akan dipenuhi berbagai pilihan dan kita sendiri yang menentukan dalam memilih. Rezeki itu ada di tangan Allah dan sudah disiapkan di setiap persimpangan yang kita lewati. Jika kita hanya diam di rumah, mana pernah kita bertemu persimpangan untuk mengambil rezeki?


“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri” (QS Ar Ra’d: 11)

 
Bab 4 buku ini membahas Aplikasi Dalam Hidup. Menurut penulis, aplikasi twitter tak jauh berbeda dengan hidup kita yang membutuhkan informasi yang cepat dan efektif, tanpa banyak basa-basi, langsung sampai pada isi. Dalam bisnis, kita mulai mengurangi basa-basi, to the point pada maksud dan tujuan, juga mampu mengumpulkan teman-teman dimanapun berada.

Hidup kita juga sama dengan aplikasi Google. Google meletakkan semua data dan software di server pusat, sehingga dapat digunakan oleh smartphone apapun. Sama dengan hidup kita. Kita hanya perlu input data dan kemampuan untuk display. Selebihnya, biarkan kalkukasinya dijalankan oleh server Yang Maha Kuasa.
Banyak orang menggunakan cara gaib untuk mempercepat rezeki. Namun cara gaib yang dibenarkan adalah melalui sedekah yang salah satu keutamaannya adalah menolak musibah, doa pada Allah SWT, ridha orangtua, tabungan amal, serta melaksanakan Shalat Tahajud dan Dhuha. 

Bab 5 membahas tentang The Power of Orison, bahwa ibadah dan doa merupakan cara manusia mengingat Allah. Ketika manusia mengingat Allah, maka pertolongan selalu dekat. Sebaliknya, ketika manusia melupakan Allah, keyakinan bahwa pertolongan Allah itu dekat akan sirna. Dengan doa, kita meminta kekuatan agar bisa melewati persimpangan yang terjal dalam hidup. Dengan doa, kita meminta petunjuk untuk memenangkan permainan kehidupan. Namun Action, adalah doa yang paling nyata.

Doa membutuhkan etika. Menjaga persangkaan kepada Allah adalah bagian dari etika. Doa terbaik adalah Alhamdulillah. Semakin kita banyak bersyukur, justru Allah akan memberikan banyak kenikmatan kepada kita. Doa juga bukan hanya sebuah ungkapan keinginan kepada Allah, tetapi juga harus jelas apa yang kita inginkan dengan melakukan aksi yang sesuai.


“Allah menjawab doa hambanya dalam berbagai cara. Allah menjawab YA, memberikan apa yang kau minta. Allah menjawab TIDAK, memberikan yang lebih baik. Allah berkata TUNGGU, mengganti yang kau minta dengan yang terbaik. Allah memberi apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.” (halaman 150)


Dalam ilmu manajemen, ada yang namanya analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), yaitu analisis yang menilai dari sisi internal dan eksternal. Internalnya adalah kemampuan dalam diri dan eksternalnya adalah lingkungan. Cobalah kita introspeksi diri dengan menilai SWOT dalam diri kita. Ketika kita menemukan kekuatan dan kelemahan, maka strategi akan diterapkan dengan mudah. Tidak ada manusia yang terlahir lebih unggul dari manusia lain. Semua tergantung pada cara kita mengasah skill dan kepribadian.

Bab 6 buku ini membahas tentang ajakan untuk fokus. Jika diibaratkan smartphone, hapuslah aplikasi edit picture dalam hidup kita karena tampil apa adanya itu lebih indah. Kehidupan nyata tidak bisa di-restart dan di-pause. Pada setiap detiknya, kita harus mengambil pilihan dan memutuskan. Jika kita memahami esensi waktu, seluruh hidup kita akan fokus pada kebaikan, fokus pada tujuan kehidupan kekal yaitu akhirat.

Buku ini sangat tepat dibaca oleh anda yang membutuhkan motivasi dalam mencari rezeki. Memang banyak istilah teknologi yang dipakai untuk perumpamaan, namun saya yakin di jaman serba teknologi ini pembaca sudah pintar dan bisa memahaminya. Oh ya, di akhir setiap bab juga ada tulisan fiksi yang bisa dijadikan sebagai gambaran dalam memahami rezeki. Kita bisa belajar dari buku ini bagaimana mencari rezeki yang benar karena penulisnya, Wusda hetsa, adalah praktisi bisnis yang sudah banyak pengalaman membuka berbagai bisnis dan Achi TM yang karyanya sudah banyak bertebaran. Salah satunya adalah novel islaminya berjudul Inyaallah Sah! yang sudah diangkat ke layar lebar.

Comments

  1. buku yg sarat nilai agama tapi dikemas kontemporer ya kak.. menariik

    ReplyDelete
  2. Menarik sekali untuk dibaca membuat kita lebih memgerti apa arti rezeki itu

    ReplyDelete
  3. aku rasanya ingin baca terus Kania ^^

    ReplyDelete
  4. Baca reviewnya bikin terbuka pemikiran mengenai konsep rezeki, wajib punya ini Bukunya

    ReplyDelete
  5. wah komplit ya ulasannya, kalo aku baca memang konsep rezeki itu sederhana hanya manusia memang ga suka kesedrhanaan hehe

    ReplyDelete
  6. usai baca bukunya bener-bener memotivasi kita tentang rezeki.

    ReplyDelete
  7. Rinci dan detail banget mba ulasannya...

    ReplyDelete
  8. Ternyata gejala alam di lima waktu tersebut memiliki sisi lain ya, benar-benar tidak ada yang sia-sia di dunia ini. Masya allah.

    ReplyDelete
  9. Kekuatan mindset kita jangan dianggap remeh ya ternyata.

    ReplyDelete
  10. Aahh...review mba Kania bikin aku percaya 1 hal.
    Bahwa takdir memang sudah ditetapkan...yang belum adalah ikhtiar kita dalam mencari rejeki tersebut.

    Haturnuhun, mba Kania...

    ReplyDelete
  11. Banyak cara jalan menggapai rezeki ya mbak, kesehatan juga termasuk rezeki ya. Ulasan yang menarik ^^

    ReplyDelete
  12. Ulasannya keren nih mba, lengkap dan bikin pengen baca juga :D

    ReplyDelete
  13. Oalah saya kira aplikasi pencari rejeki ini bukan buku. Seru juga kalo baca reviewnya. Thanks for share ya Mbak. Salam kenal ^^

    -dini // sejenakberceloteh.com-

    ReplyDelete
  14. Buku ini kereeen, saya beruntung sebagai pembacanya

    ReplyDelete
  15. Rezeki tidak akan tertukar, cm msh byk yg blm menyadari u. menerima dgn iklas segala rezeki yg diberikan Allah.

    ReplyDelete
  16. Bukunya banyak mengandung nilai-nilai positif. Bener-bener berbobob banget..

    ReplyDelete
  17. Buku ini beneran keren pakai banget deh mbak... Recomended banget lah buat yang lagi merasa susah rejeki... Alhamdulillah aku sudah baca

    ReplyDelete
  18. ulasannya lengkap banget mbak, aku pikir beneran ada aplikasinya pas baca lagi ohhh ternyata gitu hehehehe

    ReplyDelete
  19. Bersyukur, yang kadang kita lupa, padahal itu memperlancar rezeki *notetoself

    ReplyDelete
  20. wkwkwk hampir ketipu sama judulnya kirain aplikasi hp pembawa rizki gitu hehe. ulasannya bagus banget ,mengajarkan kita utk lbh bersyukur.

    ReplyDelete
  21. Bukunya recommended banget buat di baca semua orang, biar nggak gampang ngeluh dan tetap berusaha atas kegagalan.

    ReplyDelete
  22. Aku pengen banget punya buku ini. Buat tambahan ilmu dan koleksi jg

    ReplyDelete
  23. Jadi makin semangat menjemput rezeki.. Bismillah..

    ReplyDelete
  24. aku kira aplikasi mba ternyata buku beneran toh 😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Blogtour dan Giveaway] Departemen Hati

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Anak “Menggapai Mentari”